Ketua IKA UNJ: UNJ Mesti Jujur dan Terbuka
September 3, 2017

Press Release Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta (IKA UNJ) Tentang Isu Dugaan Plagiarisme

Mencermati dinamika kampus dan pemberitaan tentang masalah-masalah yang terjadi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), terutama terkait masalah plagiarisme di lingkungan UNJ, maka perlu menyampaikan hal-hal berikut:

  1. IKA UNJ sebagai bagian dari keluarga besar UNJ berkepentingan untuk mendorong UNJ sebagai perguruan tinggi untuk terus menerus meningkatkan citra sebagai pusat keunggulan intelektual khususnya di bidang pendidikan.
  2. Plagiarisme merupakan penyakit paling serius dan menciderai dunia akademik
  3. Terhadap pemberitaan yang begitu intens dan meluas serta gerakan beberapa elemen di dalam kampus yang juga mengangkat masalah ini, maka kami memandang perlu ada langkah-langkah serius dan kongkrit untuk merespon pemberitaan tersebut, agar UNJ sebagai perguruan tinggi dapat mempertahankan marwah akademik.
  4. Langkah cepat dan kongkrit yang dimaksud adalah meneliti dan menginvestigasi untuk memastikan apakah ada plagiarisme atau tidak ada. Jika di dalam pembuktian masalah plagiarisme ini terbukti, maka IKA UNJ mendesak Pimpinan UNJ untuk mengambil tindakan akademik maupun administratif bagi para pelakunya.
  5. Jika hasil penelitian dan investigasi tindakan plagiarisme terbukti, maka hal tersebut harus dinyatakan sebagai tindakan personal dan kasuistik, sehingga tidak serta merta mencerminkan budaya akademis UNJ secara umum.
  6. Tindakan cepat dan kongkrit ini adalah upaya untuk membuktikan bahwa UNJ adalah kampus terhormat yang menghargai dan menunjung tinggi etika keilmuan dan martabat dunia kependidikan.
  7. Terhadap pemberitaan yang melibatkan organisasi alumni dalam merespon temuan tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi maka kami, IKA UNJ belum pernah melakukan tindakan tersebut, apalagi mengirim surat kepada pihak-pihak lain.

 

Demikian pernyataan rilis ini kami buat untuk semata-mata sebagai tanggung jawab alumni atas kehormatan dan nama baik almamater.

 

Jakarta, 31 Agustus 2017.

Juri Ardiantoro

Ketua Umum

Please Login to Comment.

*